Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Cara Mudah Menambahkan MNC Group pada Parabola Ninmedia dengan LNB Ku Band Tambahan

Cara tracking TV Desa dan  MNC Group pada Parabola Ninmedia dengan LNB Ku Band tambahan, cukup mudah jika kita sedikit banyak sudah mengetahui dasar dasar tentang parabola. 

Siang hari ini Siaran Satelit melakukan tracking serta penambahan LNB untuk lock TV Desa MNC Group pada satelit SES 9, dengan menggunakan parabola bekas indovision yang sudah di lock di ninmedia / chinasat 11.  

Maksud dan tujuan nya tidak lain adalah MNC Grup. Iya.. MNC Grup ( RCTI, Global TV, MNC TV ) beserta beberapa stasiun tv lain semisal TV Polri, OTDA TV, Ikadi TV , walaupun untuk Global TV masih sering seperti dvd rusak, namun kualitas TV lainnya sudah baik sekali. 


Catatan : Jumlah chanel akan bertambah / berkurang / berganti sesuai dengan kewenangan pihak pengelola dan di luar kuasa dari Siaran Satelit selaku penulis artikel.

TV Desa dan MNC Group ini bernaung di Satelit SES 9 di 108,2 E dengan Frekuensi 11026 polarisasi Vertical dan symbol rate 20200 ( 11026 V 20200 ).

Dimana lokasi dilakukan Tracking oleh tim Siaran satelit berada di Yogyakarta ( 110.23'8" / 7.48'7" ). Untuk rekan rekan yang berada di luar yogyakarta, silahkan sesuaikan dengan parameter masing masing lokasi, untuk penempatan LNB kedua nya. 
Baca Juga :


Download SatFinder, Aplikasi Android Pencari Signal Parabola Satelit Terbaik


mnc-group-tv-desa

Tanpa basa basi lagi mari kita persiapkan apa saja yang dibutuhkan ketika menambahkan LNB untuk TV Desa dan MNC Grup pada parabola Ninmedia, diantaranya :
1. LNB Universal Ku Band / Matrix lengkap dengan Braket LNB.
2.  Diseq 1.0
3. Receiver Mpeg 4 / HD
4. 2 Kabel pendek beserta connector
5. Besi Plat modif panjang kurang lebih 11 - 13 cm dengan di lubangi / pada kedua sisinya untuk setting sudut LNB dan pemasangan baut di LNB support. Atau bisa menggunakan braket seperti di gambar berikut , braket ini diambil dari braket Dish Big TV MMP, bracket untuk mengatur azimuth.

tambahkan-mnc-group-ke-ninmedia


5. ( Opsional ) TV untuk melihat sinyal.

Pertama kali, pastikan Siaran Ninmedia anda masih berfungsi dengan baik sebagai dasar patokan penambahan LNB agar sudut yang menjadi akurat untuk tracking.
 
Kedua, Lepas kabel LNB, sambungkan ke Diseqc 1.0 tersebut, kemudian dari LNB utama sambungkan ke diseqc ke LNB 1. Lalu pasang bracket ke LNB tambahan kemudian sambungkan ke diseqc 1.0 ke LNB 3.

Jangan lupa Check dan sesuaikan  setingan diseqc 1.0 di receiver anda, pastikan ninmedia anda sudah OK, dan setingan satelit SES 9 di 11026 V 20200,  serta 9750 /10600 serta diseqc 1.0 nya sudah benar agar signal tampil sesuai harapan.
 
Ketiga, setelah receiver  anda di set untuk tracking TV Desa, silahkan perhatikan gambar berikut :

tambahkan-mnc-group-ke-ninmedia

Silahkan di sesuaikan pengaturan pada masing masing parabola, kurang lebih jarak antar lnb seperti yang sudah Siaran Satelit tambahkan pada gambar tersebut. Maksimalkan dulu signal anda ( ditempat saya bisa sampai 100, menggunakan receiver skybox F1 ). Setelah mencapai angka maksimal, kencangkan baut pada tiang lnb dan besi plat tambahan tersebut.
 
Ke empat, silahkan blind scan. Update pada hari ini 10 November 2016 terdapat 10 Chanel dimana hanya 6 chanel yang dapat disaksikan yaitu :
1. Tv Polri
2. OTDA TV
3. IKADI TV
4. MNC TV
5. RCTI
6. Global TV ( gambar kurang bagus ). 

tambahkan-mnc-group-ke-ninmedia

Sekian artikel tentang cara mudah tracking TV Desa dan MNC Group pada parabola ninmedia dengan LNB Ku Band Tambahan, jika masih membingungkan, tidak ada salahnya untuk berkomentar dan meninggalkan kesan anda setelah mencoba / bereksperimen. Semoga bermanfaat.


Baca Juga : Cara pasang LNB Ku Band pada dish Indovision

update 9 juli 2017 :


Untuk chanel MNC Group sudah tidak ada lagi di SES 9 Ku band, chanel yang ada pertanggal update ini adalah Trans TV, Indosiar, Tv One, SCTV, dan Metro Tv.  Akan kami update kembali jika MNC Group kembali dapat di tangkap secara FTA melalui Frekuensi Ku Band.


Update 19 des 2017, saat ini MNC Grout kembali tayang di ninmedia, entah bertahan untuk berapa lama, denger denger sih akan menggunakan sistem voucher untuk dapat menikmati mnc group, pun itu harus menggunakan receiver tertentu..

Bocoran yang di dapat, dari awal november akan di lakukan sistem voucher ini ( sepertinya menyimpang dari Ninmedia yang awalnya memang full FTA ) , tapi sampai saat ini masih tayang secara FTA di ninmedia. Yah kita nikmati dulu saja sampai ada perkembangan lebih lanjut.

salam

31 comments:

  1. terima kasih mbak oviie sudah berkunjung,

    ReplyDelete
  2. Gan sy udah berhasil gabungin ses9 dan ninmedia, tp siatan di ses9 kayak cd rusak ya, padahal fokus di sez9 dan quality udah 100% tp ga stabil. Untuk ninmedia cling. Mohon petunjuknya biar siaran ses bisa clink.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat malam Gnan Rikles, sebelumnya saya mau bertanya dahulu, receiver yang anda gunakan merk apa ya ? dari beberapa kali percobaan, yan paling bagus dari segi gambar untuk tv desa, menggunakan matrix prolink, namun jangan beli receiver baru dulu. Signal ses 9 untuk TV Desa memang kurang stabil, pada kondisi antena sudah fix( kencang )pun, signal masih naik turun.. ada satu cara yang bisa di coba, yaitu LNB utama tembakkan pada SES 9, lalu LNB tambahan tembakkan pada chinasat 11, di karenakan chinasat 11 jauh lebih stabil di bandingkan ses 9, tentu saja merubah arah pointing nya, dan letak LNB tambahan yang sebelumnya di sebelah kiri, sekarang berubah di sebelah kanan, dengan jarak yang lebih panjang dari sebelumnya.. kurang lebih seperti itu, anda bisa mencoba dulu kalau anda memang seneng tracking,, saya sedang membuat artikel tentang hal ini, namum belum selesai, masih dalam proses.. terima kasih semoga bermanfaat

      Delete
  3. Rx gatmecom hd009 newfta dish ex kvison. Dish dan lnb saya fokuskan di ses 9 dan lnb untuk chinasat ada di samping kanannya agak kebawah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat pagi gan Rikles, apakah sudah mencoba dengan di pasangkan corong CSR ( conical scalar ring )?

      Delete
  4. Salaammm .. numpang tanya gan .. kalo daerah bandung untuk tracking ses 9 .. arah dishnya ke mana .. ? ( satelit tunggal )

    ReplyDelete
    Replies
    1. ses 9 itu di 108 BT, sedangkan bandung di 107,6 BT . jadi menghadap ke arah utara gan ( anggap saja utara lurus, karena hanya selisih 0,4 derajat )

      Delete
  5. Klo untuk Mmp raja Ampat bs ga ya di tracking di MNC

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan saya belum sempat mencoba di karenakan jadwal pekerjaan yang masih padat,, nanti saya update jika sudah sempat bereksperimen,, atau mungkin ada pembaca lain yang sudah mencoba ? bisa di share di sini juga..terima kasih

      Delete
  6. ANE MASIH BINGUNG GAN, ITU PAKE 1 RECEIVER ATAU 2 RECEIVER?
    KLO PAKE 1 RECEIVER, GIMANA CARANYA KONEKIN DR 2 LNB KE 1 RECEIVER? APA PAKE KOMPONEN LAIN SEMACAM SPLITER?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan splitter gan, pakainya diseq 1.0 mirip sama splitter tapi fungsinya beda..

      Delete
  7. Sy sdh dpt sognal ses9..setelah scan mnc blm ada jg gan knp ya

    ReplyDelete
  8. agan Rully : Sepertinya saat ini MNC Group sudah menghilang dari SES 9, akan kami update kembali jika MNC Group kembali terpantau di Ku Band

    ReplyDelete
  9. iYA BENAR, Saat saya tracking hari Minggu Tgl 9 Juli 2017 MNC tidak ada

    ReplyDelete
  10. Maaf pak klo receiver matrik prolink new hd. Bisa untuk nembak satelit ABS.2 KUBAND tdk yah, dan klo bisa ABS.2 saya mau gabungkan dgn ninmedia.bisa tdk yah, lokasi jaksel.tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nembak abs 2 untuk FTA bisa aja gan, tapi kalau untuk mendapatkan tayangan SMV TV yang Free to View ga bisa, bisanya pakai mmp raja ampat saja.. saya belum coba gabungin smv sama ninmedia, tapi jaraknya terlalu jauh itu ABS di BT 75, ninmedia di BT 98..

      Delete
    2. Sebelum upgrade bisa menggabungkan SMV TV dg Ninmedia menggunakan receiver MMP Raja Ampat

      Delete

  11. Pak mau nanya, saya punya dish telkomvision lnb cband tambah CSR. Klo untuk nembak/ngelock palapa D ataw telkom bisa tdk yah tks

    ReplyDelete
  12. bisa ngelock beberapa transponder, tapi sinyal ga stabil dan kurang maksimal karena penampang kurang luas,, silahkan di coba tracking..:)

    ReplyDelete
  13. Maaf pak klo untuk dish 6 feet lnb cband dua konektor untuk dua tv jarak letak lnb nya berapa yah, dan pakai diseq ataw multi swicht.dan klo saya tambahin satu dish terpisah bekas top tv untuk ninmedia perlu tambahan alat apa yah,tks pak

    ReplyDelete
  14. mnc sering kabur terus... alamat harus beli dish yang gede inimah

    ReplyDelete
  15. Pak maaf nih mau nanya malum bru blajar , dish 6 feet mau pasang 3 lnb cband dual out, dan saya mau pasang 1 lgi lnb kuband dual out jga, untuk ninmedua, untuk dua receiver, di perlukan switch diseq dua ataw 3 yah, dan pakai divider ataw tdk, tks pak

    ReplyDelete
  16. Pak mau nanya maaf msh pemula, dish 6 feet jaring venus warna hitam, pakai scalar ring yg 4 lubang, untuk palapa.D, Telkom, asiasat.5, dan chinasat11, dan jarak lnb palapa d,dan telkom dan asiasat 5 dan chinasat berapah yah dan ke dalaman lnb nya, tks pak

    ReplyDelete
  17. Pak maaf mau nanya, saya ada rencana mau pasang yg 6 feet jaring untuk 3 lnb cband dual out, ke 1) di perkirakan jarak lnb palap.d-Telkom-asiasat.5 berapa cm. Yah pak, dan kedalaman lnb nya, dan yg ke 2) kan lubang scalar ring nya ada 3 lubang, yg harus di pasang urutan lnb nya yg pertama ke dua ke tiga untuk satelit yg mana dulu yah pak, apakah palap.D ataw telkom ataw asiasat.5, tks pak

    ReplyDelete
  18. Pak maaf mau nanya, klo dish 6 feet jaring venus black, klo pakai bracket nya yg 4 lubang untuk 4 lnb, terus saya pasang hanya 3 lnb saja bisa tdk yah, tetapi yg untuk telkom dan palapa.D lnb nya dual out, dan yg satunya lnb nya 4 out put untuk asiasat.5, , kira perlu alat tambahan apa saja yah pak, maaf pak dan yg terakhir untuk fokus nya palapa,D ataw telkom yah, klo urutan lnb nya seperti ini bener tdk yah pak, palap,D , Telkom (fokus ) trakhir asiasat 5, tks pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa 3 LNB 6 feed, kebutuhan 4 out berarti untuk 4 receiver. tambahan nya splitter 2 way untuk telkom agar jadi 4 out, trus yang lainya 4 diseqc untuk masing masing receiver

      Delete
  19. tracking 17/3/2018 MNC TV sudah masuk di ninemedia Gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes MNC Group sudah masuk sekarang,, malahan tambah banyak chanel baru,, ga cuma 48 chanel aja,, tapi masih di lock,, nunggu kabar aja dulu, katanya nantinya pakai oracle bisa buka dollarnya

      Delete