Ninmedia, Informasi Lengkap Cara Tracking dan Instalasi

ninmedia-mnc-group


Ninmedia, informasi lengkap cara tracking dan instalasi. Kali ini Siaran Satelit akan membahas mengenai informasi tracking dan instalasi ninmedia secara lengkap dan akurat. Apakah anda pernah mendengar tentang ninmedia ? Bagi sebagian orang tentunya ini bukan hal yang asing lagi, tapi masih banyak juga yang belum mengetahui informasi lengkap tentang ninmedia. Oleh karena itu, kali ini Siaran satelit akan mengupasnya secara detail. Oke kita mulai saja.

Ninmedia merupakan provider penyedia layanan hosting siaran tv satelit yang tidak memungut biaya kepada para pelanggan untuk menyaksikan siaran tv nya alias gratis, setidaknya untuk saat ini. Dikarenakan siaran gratis, maka chanel chanel yang di transmisikan tentunya bebas dari acakan, atau biasa kita sebut dengan FTA ( Free To Air ). Lalu bagaimana dengan biaya operasional ninmedia, termasuk sewa satelit, peralatan transmit, NOC dan lain lain nya ? Sampai saat ini pun saya belum mengetahui bagaimana mereka bisa menutupnya, mungkin dengan kerjasama dengan channel yang ditransmisikan, saya juga belum paham.

Dengan menggunakan Satelit Chinasat 11 di bujur 98 E, coverage signal dari transmisi siaran ninmedia ini bisa mencakup seluruh wilayah indonesia. Tentunya sangat bermanfaat bagi teman teman yang di tempat tinggalnya kualitas signal TV UHF nya kurang begitu bagus, atau yang jangkauan TV swasta nya terbatas, atau mungkin hanya terdapat siaran TVRI saja, seperti rekan dari Atambua NTT yang membeli receiver tanaka new samurai dari saya minggu lalu. Walaupun belum semua chanel lokal nasional masuk, setidaknya ada opsi hiburan selain hanya TVRI, bukankah begitu ? Untuk MNC Group ( MNC TV, Global TV, RCTI ) yang memang terkenal agak ekslusive, bisa di tangkap juga dengan parabola ninmedia, tentunya setelah kita tambahkan LNB ku Band satu lagi, untuk lebih detailnya silahkan baca di :  


Lalu peralatan apa saja yang kita butuhkan untuk menangkap siaran ninmedia ? Karena Transmisi Ninmedia menggunakan Frekuensi Ku Band, maka siaran satelit ini bisa kita tangkap menggunakan parabola mini dengan diameter dish reflektor 60 - 80 cm. Pernahkah anda melihat parabola Orange TV , Big TV, Astro, Aora, Centrin ? Semua parabola tersebut bisa digunakan untuk menangkap siaran satelit ninmedia. Tetapi saya menyarankan untuk tidak menggunakan peralatan bekas tv berlangganan anda agar di kemudian hari tidak menjadi masalah. Belilah yang memang di jual untuk umum seperti merk matrix ( Orange Tv dan Big Tv juga ada ).  Untuk LNB menggunakan LNB KuBand dengan setting 9750 - 10600, 20 KHz Auto, 12 V Off, LNB Power ON, dan transponder 12500 V 43200. Receiver yang dibutuhkan, setidaknya harus sudah support Mpeg4 dan codec audio AAC. Receiver bekas dari tv berlangganan anda tentu tidak dapat di gunakan karena sudah di lock oleh masing masing provider, atau tidak support dengan codec audio AAC.  Receiver paling murah yang sudah support adalah Matrix Big dengan harga sekitar 150 Rb. Tentu saja receiver receiver keluaran sekarang dengan range harga 200 - 250 Rb sudah support dengan syarat minimal dari Ninmedia. 




instalasi-ninmedia

Gambar Instalasi Ninmedia menggunakan parabola bekas orange tv ( parabola sebelah kiri )

Tracking siaran Ninmedia tentunya sangat mudah, bahkan untuk yang belum berpengalaman tracking parabola sekalipun. Tinggal arahkan ke barat, dan agak serongkan sedikit ke utara, dengan connector LNB menghadap utara di sekitar jam 3:30, geser azimuth ( kanan - kiri ) dan elevasi ( atas - bawah ) untuk mendapatkan signal yang maksimal. Signal maksimal tergantung masing masing receiver yang digunakan, tetapi rata rata anda akan mendapatkan signal 60 % dan Quality 90 - 100 %. Silahkan maksimalkan signal untuk menghindari gangguan yang mungkin terjadi, dikarenakan cuaca yang kurang bersahabat.


elevasi-ninmedia 

 Setelah tracking anda sukses, blind scan transponder tersebut. Karena hanya satu transponder saja yang di gunakan oleh ninmedia, yaitu 12500 V 43200, maka hanya tersedia 46 slot channel yang bisa di transmisikan. Komposisi, jumlah, ragam chanel dapat berubah, baik itu bertambah ataupun berkurang tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Seperti sekitar Lebaran 2016 kemarin, tiba tiba MNC Group hilang dari peredaran di Ninmedia. Mau tidak mau kita sebagai pengguna hanya bisa memakluminya, toh siaran gratis juga. Per hari ini chanel chanel yang tayang antara lain : TVRI, Metro Tv, ANTv, TV One, SCTV, Indosiar, Trans TV, Trans7, RTV, JakTV, NET, KompasTv, Berita Satu, Inspira, Nusantara TV, SNB, DMI, Hi Indo, Prambors, TV BMW, SMI, DMC, Iqraa TV, NU Channel, Otomoto, Swarna, Yuhuu, Tabalong, RUAI Tv, Kitanesia TV serta beberapa channel lainya.



Bagaimana, mudah bukan untuk menangkap siaran satelit Ninmedia ? jika masih ada pertanyaan atau bantuan panduan tracking, silahkan saja komentar di bawah ini, akan kami bantu dengan senang hati.. Semoga bermanfaat. 
Previous
Next Post »