Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Cara Mudah Paralel Parabola TV Kabel Dalam Satu Rumah


Cara mudah paralel parabola tv kabel dalam satu rumah. Apakah anda sudah memasang parabola di rumah ? Jika sudah, biasanya anda akan memasang receiver di ruang keluarga atau kamar tidur anda bukan ?

Lalu bagaimana jika misalnya anda ingin memasang 2 buah receiver, yang pertama anda tempatkan di ruang keluarga kemudian yang satunya anda tempatkan di kamar tidur anda. 

Agar anda tidak perlu memindah mindah receiver, atau jika ada anggota keluarga yang lain yang ingin menyaksikan siaran yang berbeda, kedua receiver tersebut dapat di fungsikan sebagai mana mestinya. 

Cara Mudah Paralel Parabola TV Kabel Dalam Satu Rumah


Baca Juga : 

Ingin Berlangganan TV Kabel, Hal ini yang Harus di pertimbangkan 

Daftar Harga dan Chanel Tv Berlangganan Terbaru 

Yang perlu anda perhatikan, paralel yang akan kami bahas di sini adalah paralel aktif, yang artinya masing masing receiver / tv dapat menyaksikan chanel chanel yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

Tentu saja ini membutuhkan jumlah / penambahan receiver sesuai dengan TV yang akan di tambahkan. Secara garis besar, ada 2 macam cara yang akan kita uraikan secara mendalam pada kesempatan kali ini. yang pertama dengan mengganti LNB anda dengan LNB dual out, kemudian yang kedua dengan menambahkan Splitter.

Baca Juga :

Cara memasang Splitter, Booster dan CATV Signal Amplifier 

Tips Cara Memilih Receiver Terbaik

Mari langsung saja kita bahas satu persatu.

1. Paralel parabola tv kabel dalam satu rumah dengan menggunakan Splitter.

Cara Mudah Paralel Parabola TV Kabel Dalam Satu Rumah


Cara ini adalah salah satu cara yang paling mudah di aplikasikan dalam pemasangan instalasi tv kabel paralel dalam satu rumah. Anda hanya cukup menambahkan splitter dan connector serta kabel coaxial yang panjangnya menyesuaikan letak tv ke dua di rumah anda.

Splitter ini mempunyai satu line input dan dua line output, dimana splitter ini hanya membagi 2 sinyal yang di terima dari LNB baik Ku band maupun C band, tanpa adanya penguatan / penyesuaian tegangan outputnya.

Baca Juga :

Cara Mudah Memperkuat Sinyal Parabola yang Lemah 

Cara Mudah Membuka Siaran Parabola yang Di Acak

Disarankan untuk tidak menggunakan kabel tambahan yang terlalu panjang, jika kabel tambahan hanya sekitar 10 meter saja, maka instalasi paralel tv kabel dalam satu rumah menggunakan splitter ini masih dapat berfungsi dengan baik. 

Cara Pemasangannya, sambungkan kabel coaxial dari LNB ke line IN Splitter, sedangkan dua  Line OUT Splitter menuju ke masing masing receiver anda. Splitter ini bisa di beli di berbagai toko parabola di sekitar anda, maupun melalui chanel e-commerce seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada dll dengan kisaran harga sekitar 20 - 30 ribuan saja. Cukup murah bukan ? 

Perlu di ketahui bahwa penggunaan spliter ini terdapat kelemahan, yaitu tv ke dua hanya dapat menyaksikan siaran / chanel dalam polarisasi yang sama dengan tv utama. Penggunaan splitter ini bisa di aplikasikan untuk paralel Ninmedia, yang akan kita bahas pada postingan selanjutnya. 
2. Paralel parabola tv kabel dalam satu rumah dengan menggunakan LNB Dual Out.

Cara Mudah Paralel Parabola TV Kabel Dalam Satu Rumah



Cara ini merupakan cara yang lebih dianjurkan dibandingkan cara yang sudah kita bahas di atas. LNB dual out disini adalah LNB yang mempunyai dual out murni, ( Bukan LNB dual Polarisasi ) dimana pada masing masing outnya mempunyai polaritas Vertikal dan Horizontal masing masing, sehingga tidak akan saling tarik menarik antar receiver.

Jadi output dari LNB ini akan langsung menuju receiver di dua lokasi yang berbeda jika anda hanya menggunakan satu buah LNB saja. Namun jika anda menggunakan 2 - 4 LNB maka silahkan kombinasikan dengan Diseqc 1.0  untuk masing masing receiver.

Baca Juga :

Tips Cara Memilih Receiver Parabola Terbaik 

Cara Memprogram Receiver Parabola


LNB Dual out ini bisa anda dapatkan melalui dealer dealer parabola di sekitar anda atau melalui chanel e-commerce dengan harga sekitar 75 ribuan untuk KU Band dan sekitar 150 ribuan untuk C band dan S Band, sedangkan diseq dengan harga mulai 20 ribuan untuk diseqc 2x1.  

Bagaimana, apakah anda sudah paham cara mudah paralel parabola tv kabel dalam satu rumah dengan kedua cara di atas, baik menggunakan splitter maupun menggunakan lnb dual out ? Sebenarnya mengenai paralel ini banyak sekali bahasan yang perlu kita ketahui, akan kita bahas lagi dalam postingan selanjutnya.

Baca Juga :

Cara menentukan Arah Parabola ke Satelit 

Cara Mencari Sinyal Parabola Tv Satelit

JIka anda sudah mencoba cara di atas, silahkan share hasil paralel anda disini sebagai referensi bagi pembaca yang lain. Semoga bermanfaat.

23 comments:

  1. Very interesting blog. A lot of blogs I see these days don't really provide anything that attract others, but I'm most definitely interested in this one. Just thought that I would post and let you know.

    ReplyDelete
  2. Bisa ga kira2 dalam satu parabola mengguna kan 2 LNB

    ReplyDelete
  3. apakah bisa dgn out 1 band di pakai 4 receiver ,apakah bisa menjadi paralel aktif ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai lnb 4 out aja,, kalau satu out di cabang nanti bubar gambarnya

      Delete
  4. Saya pasang lnb ku-band 4 out.. Tapi ada 1 decoder yg sinyalnya tidak mau nyunci.. Kira2 apa penyebabnya.. Kabel sudah saya cek, sambungan juga.. Tetep masih begitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak mau tanya soal pemasangan splitter... Misalkan jarak maksimal pemasangan dari LNB brapa meter?

      Delete
    2. Kak mau tanya soal pemasangan splitter... Misalkan jarak maksimal pemasangan dari LNB brapa meter?

      Delete
    3. baiknya ga jauh jauh gan 2 apa 3 meter aja, dari lnb ke receiver sekitar 20 m aja maksimal

      Delete
  5. Kalo pake pake splitter jernih gak kira kira gan gambarnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jernih sih, tapi belum pernah nyoba yang pake booster di split

      Delete
  6. Dengan cara ke satu ,klo tv utama nya di off ,tv kedua nya gmna tetap bisa nyala dengan chanel yg gmna?

    ReplyDelete
  7. bisa aja gan, kalau untuk ninmedia aman aman saja,, bisa dua duanya karena sama sama di polarisasi vertikal

    ReplyDelete
  8. Saya pengen coba 1LNB buat 2 recevier.kira" gk masalah atau gmn kak..tolong d jawab

    ReplyDelete
  9. siang k.cara pasang LNB duel out untuk 2 tv bisa apa tida k.makasi sebelumnya

    ReplyDelete
  10. cara pasang LNB duel out sprti apa k.untuk 2 tv

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung pasang aja gan kayak lnb single out biasa, kan output kabelnya ada 2,

      Delete
  11. tanya donk gan, katanya kalo pake splitter gitu nanti receivernya jd cepat rusak, byk kejadian, yg bener jd gimana ya, baru rencanamrencana pasang parabola mini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah belum pernah denger saya kalau cepet rusak, pastikan saja masangnya bener dan kencang, pasti aman

      Delete
  12. Klu pakek spitter ni apa bisa dapat siaran yg berbeda antara dua tv,atau kah siaran nya harus sama antara 2tv

    ReplyDelete
  13. Bang mau tanya kalau, saya pake parabola Ku band, kvision 1 parabola untuk 4 reciver dan yang reciver ke 3 dan 4 agak jauk sekitar 15 meter baiknya saya pake multi swit yg berapa mghz, dan apakah perlu boster, klau perlu merek apa bang mohon pencerahanastee

    ReplyDelete