Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Cara Mudah Memanfaatkan Dish Parabola Bekas TV berbayar



Cara Mudah Memanfaatkan Dish Parabola Bekas TV Berbayar. Beberapa dari kita, mungkin pernah menjadi salah satu pelanggan dari provider tv berbayar berlangganan.

Dan setelah beberapa lama, kemudian memutuskan berhenti berlangganan, yang mungkin di karenakan bosan dengan siaran yang ditayangkan, jarang nonton tv, tagihan membengkak, atau layanan purna jual yang kurang memuaskan jika terjadi kerusakan pada perangkat parabola tv satelit tersebut.  

Pada beberapa provider tv berlangganan, para pelanggan yang berhenti berlangganan tersebut, akan segera di lakukan dismantle atau pengambilan perangkat sekitar 1 - 3 bulan kemudian. 

Baca Juga :

Daftar Satelit yang Bisa di tracking dengan Parabola Mini 

Cara Memasang dan Mencari Sinyal Parabola

Namun tak sedikit juga yang sampai satu atau dua tahun setelah berhenti berlangganan, perangkat parabola tersebut belum juga di ambil, entah karena nomor hp pelanggan sudah ganti, karena datanya hilang, atau memang perusahaan telah berhenti beroperasi.

memanfaatkan-parabola-bekas-tv-berlangganan
Nah, daripada tidak terpakai, dish bekas parabola tv berbayar tersebut bisa kita manfaatkan. 

Sebelumnya, anda perlu ketahui terlebih dahulu, parabola bekas anda menggunakan LNB KU Band atau LNB S Band. TV berlangganan yang menggunakan LNB Ku Band diantaranya adalah Transvision, Big TV, Orange TV, Centrin TV, Aora, Astro, sedangkan yang menggunakan LNB S Band adalah Indovision, Top TV dan OkeVision.

Baca Juga :

Daftar Harga Dan Chanel Tv Berlangganan Terbaik 2019

Daftar Harga Antena Parabola Bebas Berlangganan Terbaru

Kali ini kita akan menggunakan dish parabola bekas tv berbayar dan LNB Ku Band, jadi jika tadinya anda adalah pelanggan Indovision, Top Tv dan OkeVision, maka anda perlu membeli LNB Ku Band ( sama bracket lnb nya juga ) yang tersedia di dealer dealer parabola tv di daerah anda, atau bisa di beli melalui chanel e-commerce yang lebih praktis. 

receiver-matrix-big

Kemudian anda juga perlu membeli sebuah receiver parabola yang baru, karena apa ? Karena Receiver bekas tv berlangganan itu sudah di setting / di lock sebelum di distribusikan, jadi tidak bisa dipakai untuk satelit yang lain. 

Receiver yang di butuhkan adalah receiver yang minimal sudah Mpeg4 dan  Support Audio Format AAC, mengenai HD atau belum, itu tergantung pilihan anda, tetapi disarankan untuk memilih yang sudah support HD agar kualitas gambar lebih baik. 

Baca Juga : 

Harga Receiver Terbaik 2019 

Harga Receiver Matrix Terbaru


Receiver yang termurah yang support Mpeg 4 dan Audio AAC adalah Matrix Big dengan harga sekitar 125 Ribuan, sedangkan yang sudah support HD ada di rentang harga 200 - 250 ribuan, tergantung dealer dan lokasi penjualan masing masing. Mulai dari merk Matrix, Tanaka, Skybox, Venus, Getmecom, terserah anda ,mau memilih yang mana.  

receiver-skybox-a1


Ok, sekarang kita bahas lebih dalam cara memanfaatkan dish parabola bekas tv berbayar. Parabola tersebut akan kita arahkan / pointing ke satelit Chinasat 11 yang berada di 98 East.

Perhatikan lokasi parabola anda, apakah bisa di putar ke arah 98 East ( 301,7 derajat Azimuth ) atau sekitar jam 10, atau lebih gampangnya ke arah barat geser ke utara sedikit.

Baca Juga :

Cara Menentukan Arah Parabola ke Satelit 

Download Satfinder, Aplikasi Pencari Sinyal Parabola Terbaik


Kalau tidak bisa di putar, berarti anda perlu memindahkan lokasi parabola tersebut ke tempat yang bisa di pointing menghadap ke arah barat. 

receiver-getmecom-hd5-robocop

Anggap saja sekarang parabola anda sudah menghadap ke arah barat, lalu hubungkan kabel coaxial dari LNB ke receiver baru yang sudah anda beli.

Masuk ke Menu Instalasi, Input Nama Satelit, Input Frekuensi 12500 dengan Polaritas Vertikal dan Symbol Rate 43200 atau 43120. Gerakkan perlahan parabola anda ke arah utara dan selatan, sambil dimainkan elevasi ( naik turun ) untuk mendapatkan signal yang maksimal.

Oh iya, jangan lupa posisi lnb, lubang kabelnya menghadap ke arah utara atau selatan secara horizontal, turun sedikit. 

Baca juga : 

Cara Memprogram Parabola 

Cara Memperkuat Sinyal Parabola yang Lemah


Setelah mendapatkan signal maksimal, kencangkan baut antena parabola secara perlahan agar signal tidak turun. Kemudian Blind Scan, dan anda akan mendapatkan sekitar 46 Chanel Free to air alias gratis tis tis.

Langkah langkah ini sudah saya bahas dengan lengkap pada postingan Ninmedia, informasi lengkap dan cara instalasinya. Dan jika anda ingin memasang pada dua tv di rumah anda, baca juga Cara Mudah Paralel Parabola TV Dalam Satu Rumah.

Selain Ninmedia TV di satelit Chinasat 11, anda juga bisa mendapatkan berbagai chanel lain di satelit yang lain juga. Berikut daftar beberapa chanel di satelit yang lain yang bis anda tracking dengan parabola mini bekas tv berlangganan yang anda miliki:

Frekuensi Chanel Gratis Garmedia di satelit Measat 3A 

Chanel Gratis Tv Nasional BIG TV di Satelit JCSat 4B 

Frekuensi dan Transponder AORA TV di satelit Thaicom 4 Gratis 

Frekuensi dan Transponder Chanel Premium Gratis di SES 9 

Siaran SMV TV Gratis

Sekian dulu pembahasan kita mengenai cara mudah memanfaatkan parabola tv bekas tv berbayar kali ini, jangan lupa tuliskan hasil eksperimen anda di kolom komentar. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

67 comments:

  1. This is the precise weblog for anybody who needs to seek out out about this topic. You notice so much its almost arduous to argue with you. You positively put a brand new spin on a subject that's been written about for years. Nice stuff, simply nice!

    ReplyDelete
  2. Mau nanya pak,dish indov di pake ke receiver ke bukan bawaan nya bisa keluar kah siaran yang di tonton?
    Atau semua channel nya yang di rx indovsion apa bakal sama dengan rx yang akan saya pasang
    STB yg dijual di pasaran
    Terima Kasih pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus diganti dulu lnb nya pakai lnb ku band sist, harganya sekitar 50rb, di modif dikit biar bisa di pasang bracket lnb nya, beliin receiver 200ribuan trus di pointing ke ninmedia,, silahkan baca artikel kami tentang ninmedia.. semoga bermanfaat

      Delete
    2. Maksud saya gini pak kebetulan di kontrakan baru ada dish dan kabelnya sudah ada receivernya aja yg blm ada rencana mw lewat fly tiket gt kira2 bisa kan ya pak jd saya tinggal beliin receivernya saja bgtu kira2 bisa gak pak?

      Delete
    3. bisa sist,, tinggal pasang dan input tiket ccamd/fly nya, oh iya, koneksi internet pakai wifi donggle atau modem juga bisa, yang penting stabil, sebulan habis sekitar 30 MB saja..

      Delete
  3. Adakah jasa untuk setting seperti yang diberitakan diatas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada gan, bisa cari di olx... jasa seting nya, biasanya tarifnya sekitar 100 - 150..

      Delete
  4. Kalo siaran bola gk ditutup kan boss klo pake parabola bekas TV kabel itu?

    ReplyDelete
  5. Ngga dpt chinasat gan... Ada nya telkom, asiasat aj

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya dapat gan / sis, ga sulit koq pointing ke chinasat asal transponder sudah di rubah ke 12500 V 43200, arahnya ke barat , agak ke utara sedikit kalau dari jogja, anda di lokasi mana ? telkom asiasat biasanya dipakai di parabola jaring C Band

      Delete
  6. gan ane bisa minta info untuk seting parabola bekas TV kabel ane..
    bahan yg sudah tersedia :
    LNB Ku ben bekas BIG TV
    parabola bekas okvision
    resiver metrix

    ane butuh org yg bisa setting n pasang
    ditunggu infonya gan

    terimakasih,

    ReplyDelete
  7. Boss mau tanya kalo kita pake dis bekasnya orange tv. Pake Digital matrix Apakah digitalnya harus di seting lagi ya boss.
    Kalo ia. Minta bantu dong gimana cara setingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang di rubah frekuensinya gan 12500
      polarisasinya Vertikal / V
      symbol rate nya 43200 itu aja gan trus di pointing / di geser2 cari signal

      Delete
  8. Bos mau nanya bos... ane dapet dish top tv dari tetangga kalo pakai lnb c band receiver skybox bisa ga y bos... suwun

    ReplyDelete
  9. Kalau lnb c band pakai dish top tv yang 80 cm signalnya ga tau dapet apa engga, tapi walaupun dapet pasti ilang2... kalau c band biasanya 6 feet gan / 180 cm.. kalau ku band pakai 60 cm aja dapet gan..

    ReplyDelete
  10. Kalau tv parabola hanya siaran RCTI suaranya tersendat sendat tapi gambar bagus...apa bang penyebabnya dan gimana bang solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dari sananya gan.. sementara belum ada solusi, nunggu perbaikan dari sananya dulu..

      Delete
  11. Saya pelanggan fly ticket,pake Tanaka t21,akses ke YouTube masuk tp siaran tv nya pada ilang kenapa ya gan? Tanya ke server fly katanya akses baik2aja. Apa perlu upgrade scan?(upgrade terakhir 2015)

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba scan ulang aja gan... saat ini fly sudah lancar jaya

      Delete
  12. Replies
    1. mohon maaf gan,, untuk saat ini belum bisa.. agan bisa buka halaman " contact " di kiri paling atas, atau bisa email ke admin@siaransatelit.com
      terima kasih

      Delete
  13. gan mau tanya,

    aku pernah beli Xtreamer BEIN 3, dan ada dish bekas aora apakah bisa di pakai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya receivernya ga bisa dipakai gan.. xtreamer itu kan dvb t ya ? tv tuner terestrial digital

      Delete
  14. saya punya antena indovision bekas gan..
    jadi cara menggabungkan ke parabola gimana ya gan..
    kira kira berapa siaran yang dapet ya gan..
    bisa gak di videoin cara cara nya..
    dan kasih tau nama perangkat2 nya..
    terima kasih..

    ReplyDelete
  15. Mau nanya gan, apa bisa untuk matrix garuda dan isi voucher matrix garuda juga? Mohon pencerahan nya gan.. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matrix garuda bisa aja kalau untuk ninmedia, tapi ga bisa add on voucher... kalau mau yang bisa di isi voucher, pakai parabola jaring yang 6 -7 feet..

      Delete
  16. Saya punya parabola bekas astro gan, Kira2 apa saja yang perlu saya lengkapi agar parabolanya bisa dipakai lagi
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal beli receiver aja gan.. sama parabolanya di arahin dikit ke kanan..

      Delete
    2. Gan tanya kalau pake bekas para bola aora bisa kan ? Saya sudah beli reciever matrix nya

      Delete
    3. bisa gan... silahkan tracking tracking...

      Delete
  17. gan mau tanya,kalo receiver yg bawaan dari distributor itu bisa di unlock gak?caranya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya bisa gan,, tapi yang bisa hanya segelintir orang dengan software dan firm ware macem macem,, dulu ada temen ane yang bisa gan,, tapi ane ngliatnya aja mumet,, yakin ga bakalan mudeng,, sama kayak oprek firmware smartphone,, salah salah malah mati,, beli aja gan,, 200 rb aja kok udah bagus

      Delete
  18. gan mau tanya teknisi yang mengerti hal ini biasanya teknisi seperti servis tv atau yang seperti apa yaah dan saya harus datang kemana agar saya dapat melakukan seperti ini, karena saya kurang ahli dan berpengalaman gan, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. teknisi parabola gan.. silahkan tanya tanya sama yang jual parabola, biasanya banyak teknisinya,, atau cari di olx juga banyak gan yang jualan / teknisi parabola

      Delete
  19. Gan ane punya dish bekas top tv. Menurut agan ane baiknya beli receiver yg gimana? Merk apa ya gan yg rekomen? Apa perlu ganti lnb ku band?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, ganti aja lnb nya paki ku band,, tembak ke ninmedia,, recomend receiver diamond buat ninmedia, atau yang ada embel embel oracle,, biar audio nya sinkron semua

      Delete
    2. Lnb prime focus atau offset yg bgs gan? Trs merk yg apa? Maaf gan banyak tanya ane msh awam di dunia parabolaan..

      Delete
    3. merk sih ga beda jauh gan.. cari aja yang biasa universal,, yang fokus biasanya mahal,, itu buat nyari satelit yang jauh aja

      Delete
  20. Kola lnb s band sama ga cara setingannya dengan cara diatas gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada dasarnya sama aja gan.. hanya saja dimana sih S band yang FTA ? sepertinya ga ada,, kalau ku band ada ninmedia sama k vision FTA

      Delete
  21. Mau tanya gan, saya ada bekas antena aura masih komplet, untuk dapat bs akses ke ninmedia apa kah lnb bawaan auta yg dulu masih bs digunakan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih gan,, tapi receivernya ganti aja gan... input transpondernya,,tinggal puter aja kekanan dikit,,

      Delete
  22. Tanya lagi pak,saya lokasi di bekasi sudah nangkap siaran ninmedia
    FYI :
    dish ex Indovision receiver SKybox Combo V8
    ini selain ninmedia kalo mau nembak yang coverage area satelit luar bisa gak
    (yang saya baca2 karena beam area terbatas saja jadi dish harus lebih besar lagi )
    rencana saya mau nembak ke siaran satelit thailand memungkinkah kah ??
    kalo tidak bisa,
    dish ukuran berapa yang rekomen biar bisa nonton siaran bola dengan receiver yang sama??
    sebelum dan sesudah nya terima kasih pak blog nya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  23. Gan, sy ada ex bigtv, sdh beli receiver nya matrix burger extra hd tp gak ada quality sinyalnya, mohon dibantu, thks

    ReplyDelete
  24. Gan, bekas bigtv, selain receiver, apa lnb nya ganti jg? Thks

    ReplyDelete
    Replies
    1. LNB ga perlu ganti boss,, cukup di arahkan ke satelit nya yang pas aja

      Delete
  25. Om, aku punya okevision bekas Dan ga ke pakai lg.
    Gmna ya biar ga brlangganan lg pake matrik burger s2 ?
    Bisa kan ?
    Gmna caranya om ?

    ReplyDelete
  26. kalua antenna bekas transvision perlu rubah arah lagi gak ya

    ReplyDelete
  27. Sy punya antena parabola bekas big tv lokasi di jakarta selatan...apa kira2 harus di rubah arah nya apa tdk gan

    ReplyDelete
  28. rachmat : arahnya di rubah gan ke chinasat 11
    great ones asti :satelit thailand yang mana nih ? pada prinsipnya kalau ku band pakai parabola kecil bisa, kalau C band harus pakai parabola besar, tapi itu juga beam nya kalau sampai, kalau beam nya ga sampai ya hampir mustahil rasanya.

    untuk siaran bola coba ke sony grup di asiasat 7 pakai parabola jaring,

    ReplyDelete
  29. unknown : tranvision ke measat kan ya : dulu ada tuh fta di measat, coba blind scan aja, tapi bukan ninmedia, chanelnya lumayan

    ReplyDelete
  30. unknown : okevision itu S band, bisa pakai matrix burger s2, lnb nya ganti ke KUband,isi transponder ninmedia, arahkan ke chinasat 11

    ReplyDelete
  31. Min, saya punya freesat golden V8 saat saya hubungkan ke lnb ku band kok tidak muncul intensitas signalnya, apa memang tidak bisa gdigunakan ya? Lnb baru

    ReplyDelete
  32. 1. Freesat golden V8
    2. Lnb ku band Tanaka (baru)
    3. Dish toptv
    Saat dihubungkan tidak muncul intensitas signal, kira2 masalahnya apa ya, admin?

    ReplyDelete
  33. Terimakasih info nya..saya pakai BiG TV.. Mw coba beli rexeiver nya.. Sama tinggal merubah posisi parabolanya saja yaa

    ReplyDelete
  34. Pak, kalau dari receiver Big TV ke receiver Transvision HD perlu diubah apanya lagi ya, selain arah parabolanya?

    Uda seminggu kualitas ga naik2 prosentasenya 5% aja

    Settingan apa yg perlu dirubah ya?

    ReplyDelete
  35. mau tanya pak terima jasa setting tv satelit gak? ngerubah dr ninmedia ke tv satelit yg free .. karna ninmedia gada sinyalnya. wilayah tambun selatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan saya posisi di jogja, silahkan cari teknisi lokal daerah sana

      Delete
  36. Frekuensi yang aktif listnya ada? Teruratama indosiar, sctv, kompas

    ReplyDelete